Inilah 6 Riyadhah Atau Kelebihan Mengamalkan Ayat Kursi

riyadhah kalung ayat-kursiAyat kursi merupakan ayat Al Qur’an yang paling mulia dan memiliki banyak sekali keutamaan. Sebabnya ayat ini disebut ayat kursi karena di dalamnya terdapat perkataan “Kursi”, artinya tempat duduk yang megah lagi yang mempunyai martabat. Terdapat 95 buah hadist yang menyebutkan tentang kelebihan mengamalkan ayat kursi sehingga tidak heran jika kemudian ayat kursi menjadi ayat dzikir yang paling direkomendasikan untuk berbagai hajat. Sebuah riwayat menyebutkan bahwa saat mewahyukan ayat ini kepada Nabi Muhammad SAW, Malaikat Jibril dikawal oleh 4000 barisan malaikat, bahkan dalam riwayat lain disebutkan jumlah barisan malaikat yang mengawal Malaikat Jibril sebanyak 8000.

Dikisahkan pada saat penurunan ayat kursi, banyak berhala yang runtuh, dunia iblis dan setan bahkan terguncang hebat. Sehingga berkatlah Iblis: “Inilah ayat yang agung yang menjadi musuh kita (iblis dan bala tentaranya) Dan membakar tubuh kita (iblis dan balatentaranya) Akan sulit menggoda manusia jikalah mereka berlindung kepada Allah dengan ayat kursi ini”.

Keagungan ayat kursi juga telah disampaikan oleh Rasulullah dlam berbagai sabdanya diantaranya adalah yang diriwayatkan oleh Abu Umamah, Rasulullah saw bersabda, “Siapapun membaca ayat Kursi tiap selepas shalat fardhu, niscaya tak ada yang menghalanginya dari masuk Jannah kecuali ia harus mati terlebih dahulu”.

Berbagai Keutamaan dan Khasiat Mengamalkan Ayat Kursi

Berikut adalah beberapa dari keutamaan dan kelebihan mengamalkan ayat kursi:

  1. Untuk perlindungan

Pengamalan ayat kursi bisa dilakukan untuk tujuan memohon perlindungan kepada Allah, baik perlindungan dari penguasa yang dzalim, perlindungan dari syaitan yang terkutuk, perlindungan dari jin, perlindungan dari binatang buas dan perindungan lain. Adapun hadist mengenai amalan ayat kursi untuk memohon perlindungan adalah shahih.

  1. Untuk kesembuhan

Kelebihan memalkan ayat kursi lainnya adalah untuk terapi pengobatan, baik sebagai pengobatan utama maupun pengobatan pendamping. Adapun cara untuk mengamalkannya bervariasi, pada beberapa terapi pengobatan cukup dengan dbaca dan ditiupkan pada air kemudian airnya diminumkan kepada yang sakit, namun pada beberapa terapi pengobatan caranya adalah dengan menuliskan ayat kursi pada selembar kertas.

  1. Untuk pengasihan

Ayat kursi juga memiliki fadhilah sebagai pengasihan dimana apabila diamalkan dengan tepat, maka seseorang yang mengamalkan ayat kursi akan terbuka auranya, mudah menemukan jodoh, mampu membuka dan meluluhkan hati orang yang dicintai.

  1. Untuk kecerdasan

Mengasah kecerdaan juga bisa dilakukan dengan amalan ayat kursi, Syeikh Abul ‘Abas alBunni menerangkan: “Barang siapa membaca ayat Kursi sebanyak hitungan kata-katanya yaitu sebanyak 50 kali, ditiupkan pada air hujan kemudian diminumnya, maka insyaallah tuhan mencerdaskan akalnya dan memudahkan faham pada pelajaran yang dipelajari.

  1. Untuk kekayaan

Pengamalan ayat kursi bisa menjamin kesejahteraan seseorang baik di dunia maupun diakhirat. Seseorang yang secara istiqomah mengamalkan ayat kursi akan dijauhkan dari kefakiran dan dilapangkan rizkinya. Karena itu banyak orang yang mengamalkan ayat ini dengan tujuan untuk mendapatkan kekayaan. Untuk melakukan amalan ini biasanya harus melalui pengijazahan yang harus dilakukan oleh guru atau pakar spiritual.

  1. Untuk pengampunan dosa-dosa kecil

Membaca ayat kursi setelah selesai shalat fardhu dan dilakukan secara rutin akan bisa menghapuskan dosa-dosa kecil yang lampau. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca ayat kursi setiap selesai solat fardu, maka tujuh lapis langit akan robek dan tidak akan merapat kembali sebelum Allah memandang pembacanya lalu mengampuni dosa-dosanya, dan Allah akan mengutus malaikat untuk mecatat amal perbuatanya tersebut hingga keesokan harinya”.

KONSULTASI SILAHKAN HUBUNGI KAMI