Menguak Misteri Keangkeran Malam 1 Suro

malam-1-suro

Sasi suro yaitu satu kalender jawa yang bertepatan dengan bulan muharam tahun hijriyah, dimana ini adalah bulan keramat oleh masyarkat jawa. Beberapa orang jawa senantiasa hindari mengadakan hajat di bulan suro lantaran dikira bakal membawa musibah.

Malam 1 suro sama dengan aura mistis serta narasi gaib yang sering diceritakan oleh orang-orang jawa pada terutama. Beberapa orang-orang jawa pada saat lantas lebih sakral lagi dalam menyikapi datangnya perubahan th. Hijriyah. Banyak di antara mereka yakini bila saat malam itu arwah leluhur yang sudah wafat dunia bakal kembali serta mendatangi keluarganya dirumah.

Diceritakan jika sasi suro adalah bulannya makhluk ghaib. Sehingga menurut cerita jika di alam ghaib sedang ada hajatan besar. Atau bisa dikatakan adalah hari rayanya semua makhluk ghaib. Jadi jika manusia melakukan aktifitas seperti pernikahan atau hajatan apappun itu takutunya bersinggungan dengan alam ghaib.

Maka dari itu ketika sasi suro sangat jarang sekali orang berpergian dan melaksanakan hajatan. Karena takut mendpatkan kesialan yang datang dari alam ghaib. Menurut orang tua jaman dulu yang menganut kejawen mengatakan jika sasi suro adalah saat yang tepat untuk menimba ilmu. Dalam hal ini tentunya ilmu ghaib, karena pintu gerbang antara alam ghaib dan alam manusia terbuka lebar.

Makanya ada banyak ritual yang dilakukan oleh para penganut kejawen untuk memperingati malam 1 suro. Misalknya ritual kungkum atau sendang yang dianggap keramat. Tujuannya adalah untuk proses buka aura agar dijauhkan dari kesialan. Dan ada juga di Solo kirab kebo mbah slamet yang mana ketika dalam proses kirab kebonya buang kotoran akan menjadi rebutan.

Dianggap bisa memberikan keberkahan makanya kotoran tersebut dikumpulkan. Ada yang percaya untuk disebarkan ke sawah agar panennya tidak gagal atau diserang hama. Atau juga disebar disekitar warung agar warungnya banyak yang beli atau disebut sebagai penglarisan.

Sebagai manusia awam tentu saja melihat hal tersebut menjadi sesuatu yang aneh. Namun bagi mereka yang yakin hal itu menjadi sesuatu yang wajar. Anda sebagai orang yang memiliki keyakinan berbeda tentunya akan menolak. Namun itulah yang terjadi di sekitar kita, jika masih banyak orang percaya adanya kekuatan alam ghaib.

KONSULTASI SILAHKAN HUBUNGI KAMI